Menilai Tingkat Perhatian Suami dalam Pernikahan

//Menilai Tingkat Perhatian Suami dalam Pernikahan

Masalah perhatian suami terhadap pasangan atau istrinya ternyata memiliki hubungan yang sangat erat dengan keharmonisan dan kebahagiaan dalam perkawinan. Perhatian ini memperlihatkan dimensi yang sangat luas dalam bangunan cinta antara suami dan istri.

Seperti sudah banyak dimaklumi, trend perceraian memperlihatkan data yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun tak sedikit kasus perselisihan dalam rumah tangga yang berhasil dirujukkan kembali namun tidak sedikit juga yang gagal dan berakhir dengan perceraian.

perhatian suami

Yang menarik, kasus perceraian yang diajukan para wanita melalui gugatan perceraian justru makin meningkat. Para wanita atau para istri tampaknya semakin berani menyuarakan haknya untuk keluar dari kemelut perkawinannya. Kecenderungan ini terasa makin kuat yang terjadi akhir-akhir ini.

Perhatian Suami dalam Perkawinan yang Harmonis

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perselisihan dalam sebuah perkawinan. Perselisihan yang terjadi pun dapat berkembang makin besar atau bisa ditekan dan diatasi tergantung peran dari masing-masing suami dan istri. Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan korelasi yang sangat signifikan antara perhatian suami dengan kebahagiaan sebuah perkawinan.

Seperti dikutip dari hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2002-2003 yang mencoba membandingkan tingkat kepedulian atau kesetiaan suami di sejumlah kota besar di Indonesia. Dalam penelitian yang dilakukan BKKBN bekerja sama dengan BPS itu menemukan fakta yang sangat menarik.

Dalam survey itu ditemukan bahwa tingkat kesetiaan suami atau laki-laki di Yogyakarta merupakan yang paling tinggi dibandingkan provinsi lain di Jawa. Sedangkan wilayah yang paling rendah adalah Jawa Barat. Pengukuran tingkat kesetiaan ini dari tingkat kepedulian yang diberikan suami terhadap istrinya yang sedang hamil. Mungkin istilah sekarang itu adalah menjadi suami siaga.

Baca juga : Banyak Pria Tak Sadar Alami Disfungsi Ereksi

Bentuk kepedulian suami ini,, menurut data SDKI, ditunjukkan dengan frekuensi suami berbicara dengan petugas kesehatan selama pemeriksaan kesehatan istrinya yang sedang hamil yang mencapai angka 52,8 persen. Bahkan angka Yogyakarta ini jauh di atas rata-ata nasional sebesar 39,6 persen. Sedangkan yang paling rendah terdapat di Provinsi Jawa Barat sebesar 33,7 persen.

Kemauan suami untuk berkomunikasi dengan petugas kesehatan merupakan niat atau goodwill yang dianggap bernilai tinggi. Begitu juga dengan kepedulian suami dalam memperhatikan jenis makanan untuk istrinya yang sedang hamil, suami di DIY mencatat angka tertinggi yaitu 50,7 persen sedangkan rata-rata nasional 35,0 persen.

Sedangkan menyangkut komunikasi suami tentang lamanya istri beristirahat selama hamil, para suami di DI Yogyakarta juga mencatat angka 45,2 persen atau berada di bawah Provinsi DKI Jakarta yang mencatat 46,4 persen. Sedangkan angka rata-rata nasional adalah 35,5 persen.

Begitu juga aspek perhatian suami terhadap masalah kesehatan istri yang harus diperhatikan, suami di DIY kembali mencatat angka tertinggi yaitu 49,8 persen, diikuti DKI Jakarta 44,0 persen, Jawa Tengah 41,9 persen, Banten 40,7 persen, Jawa Timur 37,6 persen, dan terendah Jawa Barat 32,1 persen. Sedangkan rata-rata nasional mencapai 36,8 persen.

Lantas bagaimana korelasi antara tingkat kesetiaan dengan tingkat perceraian? Seperti dikutip dari data Dirjen Badan Peradilan Agama, Mahkamah Agung menyebutkan bahwa tingkat perceraian tertinggi di Indonesia pada tahun 2016 ada di provinsi Jawa Timur sebanyak 86.491 perceraian. Baru kemudian diikuti Jawa Barat sebesar 75.001, Jawa Tengah 71.373 kasus, Sulawesi Selatan 12.668 kasus, DKI Jakarta 11.321 kasus, Sumatera Utara 10.412 kasus, dan provinsi Banten dengan 10.140 kasus perceraian. Sedangkan provinsi DI Yogyakarta sangat jauh dibawah, yaitu sebesar 5.851 kasus.

Melihat fakta di atas terdapat gambaran nyata bahwa kesetiaan dan perhatian suami terhadap istri berhubungan erat dengan keharmonisan dalam .pernikahan. Makin tinggi tingkat kepedulian suami makin tinggi pula kebahagiaan rumah tangga yang bisa diraih.

Nah, buat anda para suami yang ingin membahagiaan istrinya juga perlu memperhatikan kebutuhan istri menyangkut kehidupan di atas ranjang. Komunikasi yang bisa dirajut bersama saat berdua, merupakan momentum speesial untuk selalu memelihara api cinta pekawinan anda. Untuk itu sangat disarankan para suami untuk mengkonsumsi makanan atau suplemen yang bisa meningkatkan vitalitas. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah suplemen herbal Soloco.

Informasi selengkapnya tentang suplemen Soloco lihat :

Soloco Adalah: Info Detail Mengenai Soloco
Khasiat Soloco Beserta Manfaatnya

Demikian infromasi tentang tingkat perhatian suami dalam pernikahan yang semoga bermanfaat dan menginspirasi anda.

2019-01-07T19:43:31+00:00